Sabtu, 08 Oktober 2016

Evaluasi Hari Sabtu 8 OKtober 2016

Assalamu'alikum Wr Wb.

Hai Teman-teman pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang Evaluasi mingguan. Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kita selama satu minggu yang dilaksanakan setiap hari sabtu di BLC Telkom.

A. Pengertian
      Evaluasi merupakan kegiatan yang membandingkan antara hasil implementasi dengan kriteria dan standart yang telah ditetapkan untuk melihat keberhasilannya. Dari evaluasi kemudian akan tersedia informasi mengenai sejauh mana suatu kegiatan tertentu telah di capai sehingga bisa diketahui bila terdapat selisih antara standar yang telah ditetapkan dengan hasil yang bisa di capai.

 B. Latar Belakang
     Latar belakangnya adalah kegiatan evaluasi ini agar kita tidak lengah dan seenaknya denga project kita, kegiatan ini bertujuan agar peserta prakerin serius dalm melakukan pekerjaan sesuai dengan perencanaan yang telah kita buat sebelumnya. Dengan adanya evaluasi ini kita dapat mengetahui kekurangan dari pekerjaan kita selama satu minggu, Pekerjaan apa yang tidak optimal dan apa saja yang harus kita perbaiki.

C. Maksud dan Tujuan
    Maksud dan Tujuannya adalah dengan diadakannya shering bersama untuk mengetahui sejauh mana kemajuan dan kemampuan kita selama satu minggu dan jika ada masalah nanti akan di selesaikan secara bersama.

D. Jangka Waktu
     Pagi sampai Sore.

E. Alat dan Bahan
  • Laptop/PC
  • LCD Proyektor
F. Sekilas dokumentasi saat Evaluasi bersama.

 1. Ini dari SMK Hasan Kafrawi Mayong.


 2. Dan ini dari SMKN 1 Banjit Lampung.


 3. Ini dari SMK Wikrama 1 Jepara.


 4. Ini dari SMKN 1 Sawit Boyolali.


 5. Ini dari SMK Tambak Boyo Tuban.


Dan masih banyak lagi dari SMK-SMK yang lainnya.

 G. Hasil dan Kesimpulan
     Hasilnya adalah kami bisa shering ilmu, yang belum pernah kami dapatkan sebelumnya, dan dapat menambah kepercayaan diri saat shering di depan orang banyak. Dan kesimpulannya adalah kita dapat menambah wawasan karena kita mendapat sanggahan dan masukan-masukan dari audien untuk memperbaiki kegiatan kami selama satu minggu

Sekian tentang Evaluasi hari ini, terimakasih.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Jumat, 07 Oktober 2016

Pegertian SOP (Standart Operasional Prosedur)

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Hai Teman-teman pada kesempatan kali ni saya akan shering tentang SOP (Standar Operasional Prosedur), langsung saja penjelasannya.


A. Pengertian
    Standart Operasional Prosedur (SOP) adalah serangkaian instruksi (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan. Menurut Tjipto Atmoko, Standart Operasional Prosedur merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

B. Manfaat (SOP)
 1. Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.
 2. Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.
 3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan.
 4. Meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas.

C. Tujuan (SOP)
 1. Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja. 
 2. Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.
 3. Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.
 4. Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.

D. Fungsi(SOP)
 1. Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
 2. Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
 3. Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak.
    Oleh karena itu diperlukan standart-standart operasi prosedur sebagai acuan secara sungguh-sungguh untuk menjadi sumber daya manusia yang profesional, handal sehingga dapat mewujudkan visi dan misi perusahaan.

E. Keuntungan adanya (SOP)
 1. SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana, menjadi alat komunikasi dan pengawasan dan menjadikan pekerjaan diselesaikan secara konsisten.
 2. Para pegawai akan lebih memiliki percaya diri dalam bekerja dan tahu apa yang harus dicapai dalam setiap pekerjaan.
 3. SOP uga bisa dipergunakan untuk mengukur kinerja pegawai.

F. Simbol-Simbol Prosedur Operasi Standar
 1. Format umum SOP

    Ada empat faktor yand dapat dijadikan dasar dalam penentuan format penyusunan  (SOP) yang akan dipakai oleh suatu organisasi yaitu:
  • Banyaknya keputusan yang kan dibuat dalam suatu prosedur.
  • Banyaknya langkah dan sub langkah yang diperlukan dalam suatu prosedur.
  • Siapa yang dijadikan target sebagai pelaksana Standart (SOP)
  • Tujuan yang ingin di capai dalam pembuatan (SOP) ini.
Ada 4 jenis format umum  (SOP)
a. Langkah sederhana (simple steps)
    Simple steps dapat digunakan jika prosedur yang akan disusun hanya memuat sedikit kegiatan dan memerlukan sedikit keputusan yang bersifat sederhana. Format SOP ini dapat digunakan dalam situasi dimana hanya ada beberapa orang yang akan melaksanakan prosedur yang telah di susun.
b. Thapan berurutan (Hierarchical steps)
    1. Format ini merupakan pengembangan dari simple steps. Digunakan jika prosedur yang disusun panjang, lebih dari 10 langkah dan membutuhkan informasi yang lebih detail, akan tetapi hanya memerlukan sedikit pengambilan keputusan.
c.Grafik (grapic)
   Format grafik ini bertujuan untuk memudahkan dalam memahami prosedur yang ada dan biasanya ditujukan untuk pelaksanaan eksternal organisasi (pemohon)
d. Diagram alir (Flowcharts)
    lowchart merupakan format yang biasa digunakan, jika dalam SOP diperlukan pengambilan keputusan yang banyak (Kompleks) dan membutuhkan opsi jawaban (alternatif jawaban) seperti: jawaban "ya" atau "tidak", "lengkap" atau "tidak", "benar" atau "salah", dsb. Simbol-simbol otersebut memiliki fungsi yang berrsifat khas (teknis dan khusus) yang pada dasarnya dikembangkan dari simbol dasar flowchart (basic symbols of flowchart) yang terdiri dari 4 simbol, yaitu:
 1. Simbol kapsul/terminator, untuk mendiskripsikan kegiatan mulai dan berakhir.
 2. Simbol kotak/process, umtuk mendiskripsikan proses atau kegiatan eksekusi.
 3. Simbol belah ketupat/decision, untuk mendiskripsikan kegiatan pengambilan keputusan.
 4. Simbol anak panah/arrow, untuk mendiskripsikan arah kegiatan (alur proses kegiatan)

    Format standart operating prosedure dalam bentukflowchart terdiri dari 2 jenid yaitu:
1. Linear flowchart (diagram alir linier)
    Ciri utama dari format linear flowchart ini adalah unsur kegiatan yang disatukan, yaitu: unsur kegiatan atau unsur pelaksanaan dan menuliskan rumusan kegiatan secara singkat di dalam simbol yang di pakai.
2. Branching flowchart (diagaram alir bercabang). Format Branching Flowchart memiliki ciri utama dipisahkannya unsur pelaksana dalam kolok-kolom yang terpisah dari kolom kegiatandan menggambarkan prosedur kegiatan dalam bentuk simbol yang dihubungkan secara bercabang-cabang.

2. Simbol-simbol dalam prosedur kerja.
a. jenis-jenis sombol
 1. Lingkaran besar
 2. Belah ketupat
 3. Segi empat bujur sangkar
 4. segi tiga terbalik
 5. segi tiga ganda terbalik
 6. lingkaran kecil
 7. anak panah

b. Kegunaan Sibol-simbol dalam prosedur
 1. jenis-jenis pekerjaan, tahap-tahap, gerakan-gerakan, dan bagian-bagian pekerjaan yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu bidang tugas.
 2. Waktu rata-rata yang diperlukan baik untuk penyelesaian setiap tahap atau jenis pekerjaan da waktu seluruhnya yang diperlukan untuk penyelesaian pekerjaan tersebut.
 3. Persyaratan kecakapan dan keterampilan pegawai yang diperlukan untuk dapat mengerjakan dengan sebaik-baiknya.
 4. Peralatan dan fasilitas kerja yang diperlukan untuk dapat mengerjakn pekerjaan.
 5. Jumlah tenaga kerja yang diperlukan untuk suatu bidang tugas atau bidang kegiatan dan sebagai salah satu alat evaluasi kerja pegawai.

G. Jenis-jenis SOP dalam administrasi perkantoran
 1. Berdasarkan sifat kegatan.
 a. SOP teknis dan ciri-cirinya.
  • Pelaksanaan berjumlah satu orang atau satu kesatuan tim kerja atau jabatan meskipun dengan pemangku yang lebih dari satu.
  • Berisi langkah rinci atau cara melakukan pekerjaan atau langkah detail pelaksanaan kegiatan.
b. SOP administratif dan ciri-cirinya.
  • Pelaksanaan berjumlah banyak atau lebih dari satu aparetur atau lebih dari satu jabatan dan bukan merupakan satu kesatuan yang tunggal.
  • Berisi tahapan pelaksanaan kegiatan atau langkah-langkah pelaksanaan kegiatan yang bersifat makro ataupun mikro yang tidak menggambarkan cara melakukan kegiatan.
H. Referensi
Sekian tentang SOP, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Kamis, 06 Oktober 2016

Menambah Modul di CMS Lokomedia.

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Hai Teman-teman pada kesempatan kali ini saya akan shering tentang Langkah-langkah Membuat Modul di CMS Lokomedia.

A. Pengertian
    Lokomedia adalah sebuah cms yang digunakan untuk membuat toko online sama saja dengan aplikasi Ahadpos dan juga aplikasi prestashop, tapi cuma berbeda tampilan cuma kegunaannya yang sama.

B. Latar Belakang
     Sekarang ini kalau ingin membangun sebuah website sudah semakin mudah, karena sudah banyak aplikasi pembangun web. Sekarang jumlah website sekaran tumbuh sangat cepat, web orang pribadi semakin banyak karena semakin mudah membuatnya. Waktu yang diperlukan untuk membuat sebuah website pun relatif cepat dibanding beberapa tahun yang lalu. Bukan hanya ilmu web sudah banyak yang menguasai tapi juga fasilitas pendukung juga semakin banyak.

C. Maksud dan Tujuan
    Kita dapat mengoptimalkan CMS Lokomedia.
 
D. Jangka Waktu
    Saya membutuhkan waktu sekitar 60 Menit.
 
E. Alat dan Bahan
  •  Laptop/PC
  • CMS Lokomedia yang sudah di instal.
  • Text Editor
F. Tahap Pelaksanaan

1. Pertama-tama kita buat table, "Table kelas" dengan 2 file: "id_kelas" dan di database dblokomedia di PhpMyadmin, Lalu klik "GO"


2. Kemudian isikan Table kelas dengan 2 file: "id_kelas" dan "nama_kelas"  seperti di bawah ini, lalu klik "Save"


3. Selanjutnya Login di CMS Lokomedia sebagai Admin. Dengan "usename:Admin" dan "Password:Admin".


4. Setelah itu masuk ke management modul lalu klik "Tambah modul"


5. Kemudia buat folder "mod_kelas" di file directory /var/www/html/lokomedia/adminweb/modul.


6. Selanjutnya buat "dua file php" dengan text editor, dan beri nama "aksi_kelas.php" dan "kelas.php" di dalam folder "mod_kelas"


#. Script "kelas.php"
<?php
session_start();
 if (empty($_SESSION['username']) AND empty($_SESSION['passuser'])){
  echo "<link href='style.css' rel='stylesheet' type='text/css'>
 <center>Untuk mengakses modul, Anda harus login <br>";
  echo "<a href=../../index.php><b>LOGIN</b></a></center>";
}
else{
$aksi="modul/mod_kelas/aksi_kelas.php";
switch($_GET[act]){
  // Manajemen Kelas
  default:
    echo "<h2>Manajemen Kelas</h2>
          <input type=button value='Tambah Kelas'
          onclick=\"window.location.href='?module=kelas&act=tambahkelas';\">
          <table>
          <tr><th>No</th><th>Nama Kelas</th><th>Aksi</th></tr>";
    $tampil=mysql_query("SELECT * FROM kelas ORDER BY id_kelas DESC");
    $no=1;
    while ($r=mysql_fetch_array($tampil)){
       echo "<tr><td>$no</td>
             <td>$r[nama_kelas]</td>
             <td><a href=?module=kelas&act=editkelas&id=$r[id_kelas]>Edit</a> | <a href='$aksi?module=kelas&act=hapus&id=$r[id_kelas]'>Hapus</a>
             </td></tr>";
      $no++;
    }
    echo "</table>";
    break;
 
  // Form Tambah Kelas
  case "tambahkelas":
    echo "<h2>Tambah Kelas</h2>
          <form method=POST action='$aksi?module=kelas&act=input'>
          <table>
          <tr><td>Nama Kelas</td><td> : <input type=text name='nama_kelas'></td></tr>
          <tr><td colspan=2><input type=submit name=submit value=Simpan>
                            <input type=button value=Batal onclick=self.history.back()></td></tr>
          </table></form>";
     break;
 
  // Form Edit Kelas
  case "editkelas":
    $edit=mysql_query("SELECT * FROM kelas WHERE id_kelas='$_GET[id]'");
    $r=mysql_fetch_array($edit);

    echo "<h2>Edit Kelas</h2>
          <form method=POST action=$aksi?module=kelas&act=update>
          <input type=hidden name=id value='$r[id_kelas]'>
          <table>
          <tr><td>Nama Kelas</td><td> : <input type=text name='nama_kelas' value='$r[nama_kelas]'></td></tr>";
    echo "<tr><td colspan=2><input type=submit value=Update>
                            <input type=button value=Batal onclick=self.history.back()></td></tr>
          </table></form>";
    break; 
}
}
?>

  # Script "aksi_kelas.php"

<?php
session_start();
 if (empty($_SESSION['username']) AND empty($_SESSION['passuser'])){
  echo "<link href='style.css' rel='stylesheet' type='text/css'>
 <center>Untuk mengakses modul, Anda harus login <br>";
  echo "<a href=../../index.php><b>LOGIN</b></a></center>";
}
else{
$aksi="modul/mod_kelas/aksi_kelas.php";
switch($_GET[act]){
  // Manajemen Kelas
  default:
    echo "<h2>Manajemen Kelas</h2>
          <input type=button value='Tambah Kelas'
          onclick=\"window.location.href='?module=kelas&act=tambahkelas';\">
          <table>
          <tr><th>No</th><th>Nama Kelas</th><

th>Aksi</th></tr>";
    $tampil=mysql_query("SELECT * FROM kelas ORDER BY id_kelas DESC");
    $no=1;
    while ($r=mysql_fetch_array($tampil)){
       echo "<tr><td>$no</td>
             <td>$r[nama_kelas]</td>
             <td><a href=?module=kelas&act=editkelas&id=$r[id_kelas]>Edit</a> | <a href='$aksi?module=kelas&act=hapus&id=$r[id_kelas]'>Hapus</a>
             </td></tr>";
      $no++;
    }
    echo "</table>";
    break;
 
  // Form Tambah Kelas
  case "tambahkelas":
    echo "<h2>Tambah Kelas</h2>
          <form method=POST action='$aksi?module=kelas&act=input'>
          <table>
          <tr><td>Nama Kelas</td><td> : <input type=text name='nama_kelas'></td></tr>
          <tr><td colspan=2><input type=submit name=submit value=Simpan>
                            <input type=button value=Batal onclick=self.history.back()></td></tr>
          </table></form>";
     break;
 
  // Form Edit Kelas
  case "editkelas":
    $edit=mysql_query("SELECT * FROM kelas WHERE id_kelas='$_GET[id]'");
    $r=mysql_fetch_array($edit);

    echo "<h2>Edit Kelas</h2>
          <form method=POST action=$aksi?module=kelas&act=update>
          <input type=hidden name=id value='$r[id_kelas]'>
          <table>
          <tr><td>Nama Kelas</td><td> : <input type=text name='nama_kelas' value='$r[nama_kelas]'></td></tr>";
    echo "<tr><td colspan=2><input type=submit value=Update>
                            <input type=button value=Batal onclick=self.history.back()></td></tr>
          </table></form>";
    break; 
}
}
?>


7. Kemudian setelah itu buat script untuk memanggil modul di halaman admin, dengan membuka file "content.php" di folder admin web lalu tambahkan skript-skript berikut:

// Bagian Kelas
elseif ($_GET[module]=='kelas'){
  if ($_SESSION['leveluser']=='admin'){
    include "modul/mod_kelas/kelas.php";
  }
}

8. Lalu beri hak milik dengan memasukkan perintah berikut.


9. Selanjutnya kita coba klik tambah kelas di modul kelas.


10. Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini, lalu isikan kelas kita lalu klik simpan.


11. Maka hasilnya seperti di bawah ini.


G. Kesimpulan
     Dengan menambah modul kita dapt memahami script maupun langkah yang benar dan dapat menambah wawasan tentang modul dan juga kita dapat menambah lebih banyak fitur-fitur di dalam CMS Lokomedia.

H. Referensi
    Sekian tentang Langkah-langkah Membuat Modul di CMS Lokomedia, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Rabu, 05 Oktober 2016

Membuat Pendaftaran Online Sederhana.

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Hai Teman-teman pada kesempatan kali ini saya akan shering tentang Membuat pendaftaran Online Sederhana.


A. Pengertian

    Bahasa pemrograman, atau sering diistilahakan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang di pakai untuk mendenifisikan program komputer. Bahasa ini memungkinan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan di olah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan di ambil dalam berbagai situasi.
Lebih jelasnya bahasa pemrograman ialah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemorograman.   

B. Maksud dan Tujuan

    Maksud dan tujuan saya membuat script adalah supaya lebih memahami dan mengenal bahasa pemrograman.

C. Alat dan Bahan
  • Laptop/PC
  • Browser
  • Text Editor
D. Tahap Pelaksanaan

1. Pertama-tama kita buat script di bawah ini.





     Setelah membuat script-script di atas lalu simpan dan beri nama index.html, dan berikut adalah hasil dari script-script di atas.


E. Hasil dan Kesimpulan

    Kesimpulannya adalah dengan kita membuat script-script, maka kita bisa terus berlatih dan bisa memahami bahasa pemrograman.

F. Referensi
    Sekian tentang Membuat script pendaftaran online sederhana, semoga bermanfaaat dan selamat mencoba.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Selasa, 04 Oktober 2016

Installasi Auto Index Script Sebagai WAP Download

Assalam'alaikum Wr Wb.

Hai Teman-teman pada kesempatan kali ini saya akan shering tentang Installasi Auto Index Script Sebagai WAP Download.

A. Pengertian
    Auto index merupakan salah satu CMS(Content Management System) yang dapat kita gunakan sebagai file manager Online. Selain itu Autoindex juga dapat dimanfaatkan sebagai kumpulan direktori file berbasis web (Website Direktori Indexer).

B. Latar Belakang
    Selain dengan script Engine Seamod, cara untuk membuat wap download bisa juga dengan menggunakan Auto Index Script. Kemudahan jika menggunakan autoindex script (script autoindex), kita tidak perlu membuat MySQL Database untuk penginstalan, karena script ini biasanya tidak perlu diinstall tetapi hanya tinggal mengupload dan mengekstrak atau mengunzipnya.

C. Maksud dan Tujuan
    Kita bisa menggunakan auto index ini sebagai WAP Download, agar pengunjung website mendapatkan kemudahan dalam mendownload file yang kita upload lewat website (diupload di server hosting) . dan juga untuk mempermudah dalam melihat posisi suatu file dimulai dari index halaman public. Maka halaman yang terbaca itulah yang disebut lokasi file, terletak di drive mana dan seterusnya. 

D. Jangka Waktu
    Saya membutuhkan waktu sekitar 30 Menit.

E. Alat dan Bahan
  • Laptop/PC
  • Koneksi Internet
  • File CMS Auto Index
F. Tahap Pelaksanaan
1. Pertama-tama kita download dulu file CMSnya.
2. Kemudian masuk ke terminal dan sebagai super user.

3. Selanjutnya pindahkan file CMS Auto Index ke "var/www/html", dan masukkan perintah berikut.

4. Lalu masukkan perintah "ls" untuk mengetahui filenya sudah ada atau belum.

5. Kemudian disini kita boleh ganti namanya sesuai keinginan kita, tapi disini saya tidak mengganti namanya.

6. Lalu ketikkan "ls" lagi untuk mengetahui keberadaan file nya.

7. Selanjutnya beri hak akses, dan owner.

8. Kemudian masukkan perintah "cd Autoindex/" dan "ls"

9. Lalu masukkan perintah "nano config.php"

10. Yang selanjutnya kita restart apachenya dan masukkan "service apache2 restart"
11. Selanjutnya ketikkan di URL "Localhost/PhpMyadmin" dan buat databasenya dengan nama "Auto index" lalu klik "Create".

12. Setelah itu ketikkan di URL "localhost/Autoindex" maka akan muncul tampilan seperti di bawah lalu klik "configure"

13. Dan ini adalah hasilnya.

 14. Dan ini tampilan yang sudah saya edit, dan sudah saya upload filenya ke dalam database.

15. SELESAI

G. Hasil dan Kesimpulan
    Kita bisa mendownload dan mengupload file kedalam Auto Index dengan lebih mudah.

H. Referensi
  • https://www.wikipedia.org/
Sekian dari saya tentang Installasi Auto Index Script Sebagai Halaman WAP Download, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Senin, 03 Oktober 2016

Menambah Type Anggota pada CMS Slims.

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Hai Teman-teman pada kesempatan kali ini saya akan shering tentang Menambah Type Anggota pada CMS Slims.

A. Pengertian
    Senayan, atau lengkapnya senayan Library Management System (SLIMS), adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawh GPL v3. Aplikasi web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia ini di bangun dengan menggunakan PHP, dan MySQL. 

B. Latar Belakang
    Karena awalnya dikembangkan diperpustakaan yang berlokasi dikawasan senayan dan nama itu dirasa cocok dan punya nilai pasar yang bagus, aplikasi itupun dinamai seperti tempat kelahirannya.

C. Maksud dan Tujuan
    Dalam sistem perpustakaan pasti ada seseorang yang berminat untuk meminjam buku, baik dari guru maupun siswa itu sendiri. Saat masih dalam setingan awal, jika kita ingin manambahkan Member atau Anggota tipe member yang ada hanya Standart. Nah disini kita buat tipe member yang lain, karena tipe member juga berguna untuk mengetahui dan juga mengelompokkan siapakah yang meminjam buku di perpustakaan.

D. Jangka Waktu
Saya membutuhkan waktu sekitar 20 Menit.

E. Alat dan Bahan
  • Laptop/PC
  • CMS slims yang sudah di install
F. Tahap Pelaksanaan

1. Pertama-tama kita Login dulu masukkan "username dan password"


2. Setelah itu kita pilih "Membership"


3. Kemudian klik "membership" lalu pilih "Member Type" di pojok sebelah kiri.


4. Lalu pilih "Add New Member Type" lalu Enter.


5. Kemudian isikan kolom-kolom di bawah ini, setelah itu klik "Save" untuk menyimpan.


6. Dan berikut hasilnya.


7. SELESAI.

G. Hasil dan Kesimpulan
     Kita bisa mengetahui dan juga mengelompokan siapa-siapa yang meminjam buku di perpustakaan.

H. Referensi
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Senayan/ (Perangkat_lunak)
     Sekian dari saya tentang, Langkah-langkah membuat Type Anggota pada CMS Slims, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Sabtu, 01 Oktober 2016

Evaluasi Hari Sabtu 1 Oktober 2016

Assalamu'alikum Wr Wb.

Hai Teman-teman pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang Evaluasi mingguan. Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kita selama satu minggu yang dilaksanakan setiap hari sabtu di BLC Telkom.

A. Pengertian
      Evaluasi merupakan kegiatan yang membandingkan antara hasil implementasi dengan kriteria dan standart yang telah ditetapkan untuk melihat keberhasilannya. Dari evaluasi kemudian akan tersedia informasi mengenai sejauh mana suatu kegiatan tertentu telah di capai sehingga bisa diketahui bila terdapat selisih antara standar yang telah ditetapkan dengan hasil yang bisa di capai.

B. Latar Belakang
     Latar belakangnya adalah kegiatan evaluasi ini agar kita tidak lengah dan seenaknya denga project kita, kegiatan ini bertujuan agar peserta prakerin serius dalm melakukan pekerjaan sesuai dengan perencanaan yang telah kita buat sebelumnya. Dengan adanya evaluasi ini kita dapat mengetahui kekurangan dari pekerjaan kita selama satu minggu, Pekerjaan apa yang tidak optimal dan apa saja yang harus kita perbaiki.

C. Maksud dan Tujuan
    Maksud dan Tujuannya adalah dengan diadakannya shering bersama untuk mengetahui sejauh mana kemajuan dan kemampuan kita selama satu minggu dan jika ada masalah nanti akan di selesaikan secara bersama.

D. Jangka Waktu
     Pagi sampai Sore.

E. Alat dan Bahan
  • Laptop/PC
  • LCD Proyektor
  • Pemateri
  • Audien (Pendengar)
F. Sekilas dokumentasi saat Evaluasi bersama.

1. Ini dari SMK Hasan Kafrawi, Pancur Mayong Jepara.


2. Dan ini dari SMKN 1 Dlanggu Mojokerto.


3. Ini dari SMKN 1 Sawit Boyolali.


4. Yang selanjutnya ini dari SMKN 1 Banjit Lampung.


5. Ini dari SMK Wikrama 1 Jepara (TKJ), dan SMK Yosonegoro Magetan.


6. Ini dari SMKN 1 Kutachane Aceh.


Dan masih banyak lagi dari SMK-SMK yang lainnya.
  
G. Hasil dan Kesimpulan
    Hasilnya adalah kami bisa shering ilmu, yang belum pernah kami dapatkan sebelumnya, dan dapat menambah kepercayaan diri saat shering di depan orang banyak. Dan kesimpulannya adalah kita dapat menambah wawasan karena kita mendapat sanggahan dan masukan-masukan dari audien untuk memperbaiki kegiatan kami selama satu minggu

Sekian tentang Evaluasi hari ini, terimakasih.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.