Sabtu, 15 Oktober 2016

Memodifikasi Frontend di CMS Lokomedia

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Hai Teman-teman pada kesempatan kali ini saya akan shering mengenai cara Mengedit Frontend di CMS Lokomedia. Langsung saja penjelasannya.

 
A. Pengertian
     CMS Lokomedia adalah salah satu CMS (Content Management System) buatan anak negeri yang tak kalah menarik seperti CMS yang lainnya. Dan CMS ini dapat digunakan untuk membuat web instansi sekolah, maupun web pribadi.

B. Latar Belakang
     Latar belakang saya mengedit CMS Ini adalah CMS ini boleh di edit sesuai keinginan kita sendiri.
    
C. Maksud dan Tujuan
    Maksud dan tujuan saya mengedit CMS ini adalah supaya lebih menarik dan tidak membosankan

D. Alat dan Bahan
  • Laptop/PC
  • Sublime Text
E. Tahap Pelaksanaan

1. Pertama-tama kita Login dulu sebagai Admin, lalu klik templates dan tambah templates. Setelah itu aktifkan templatesnya.


3. Selanjutnya buka terminal dan masukkan perintah caja, supaya ketika sudah selesai mengedit dan ingin menyimpannya tidak usah memasukkan password. Lalu buka file Lokomedia di var/www/html/lokomedia. Selanjutnya kita copy file templatesnya dan ganti namanya. saya mengganti namanya menjadi "mencoba".
4. Lalu buka file templatesnya melalui Sublime text, dan di sini kita boleh mengeditnya sesuai keinginan kita. disini saya mengedit Style.css dan Template.php
5. Dan ini adalah tampilan yang belum saya Edit.


6. Setelah mengeditnya selesai kemudian save, dan berikut ini adalah tampilan yang sudah saya edit.


F. Hasil dan Kesimpulan
    Kita bisa mengedit/memodifikasi tampilan CMS ini menjadi lebih menarik, dan berbeda dari aslinya.

G. Referensi
Sekian Tutorial dari saya semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Wassalamu'alikum Wr Wb.

0 komentar:

Posting Komentar