Jumat, 14 Oktober 2016

Mengenal Fungsi Menu CMS Lokomedia

Assalamu'alikum Wr Wb.

Hai Teman-teman ada kesempatan kali ini saya akan menjelasakan tentang Fungsi Menu-menu CMS Lokomedia. Langsung saja penjelasannya.

A. Pengertian
    CMS Lokomedia adalah salah satu CMS (Content Management System) buatan anak negeri yang tak kalah menarik seperti CMS yang lainnya. Dan CMS ini dapat digunakan untuk membuat web instansi sekolah, maupun web pribadi, karena CMS ini cocok untuk digunakan untuk beberapa keperluan yang mana tersedia beberapa modul yang siap pakai

B. Latar Belakang
    Sekarang ini kalau ingin membangun sebuah website sudah semakin mudah, karena sudah banyak aplikasi pembangun web. Sekarang jumlah website sekarang tumbuh sangat cepat, web orang pribadi semakin banyak karena semakin mudah membuatnya. Waktu yang diperlikan untuk membuat sebuah websitepun relatif cepat dibanding beberapa tahun yang lalu. Bukan hanya ilmu web sudah banyak  yang menguasai tapi juga fasilitas pendukung juga semakin banyak

C. Alat dan Bahan
  • Laptop/PC
  • CMS Lokomedia
D. Maksud dan Tujuan
    Maksud dan Tujuan saya adalah agar saya dapat mengenal fungsi dan kegunaan pada menu-menu Lokomedia ini.

E.Menu menunya

1. Home.
   Menu ini  fungsinya mengatur tentang identitas web,seperti pemilik admin,judul websitenya.

2. Manajemen User
    Menu ini Befungsi untuk menambah, menghapus hak akses tertentu terdapat website anda. Pilih Tambah user untuk menambah user kemudian simpan, selanjutnya anda juga bisa mengatur hak aksesnya seperti menentukan apakah orang (luser) tersebut mempunyai hak akses terbatas atau mempunyai hak akses penuh terhadap website anda.

3. Manajemen Modul.
    Menu ini digunakan untuk menambah module baru, anda juga bisa menonaktifkan salah satu fungsi dari module yang ada. Pilih Tambah module jika anda ingin menambah modul baru.
 
4. Identitas Website.
    Menu ini digunakan untuk menambahkan menu-menu pada halaman website.

5. Kategori.
    Menu ini digunakan untuk membedakan kategorinya masing-masing.


6. Berita.
    Menu ini digunakan untuk menambah berita/artikel di website anda, pilih tambah berita, untuk menambahkan berita baru. Masukkan judul artikel, kemudian pilih kategorinya selanjutnya masukkan isi berita yang akan di tampilkan.

7. Tag berita.
     Halaman ini digunakan untuk menentukan kategory beritanya, seperti kategori film, music, atau sepakbola.

8. Komentar.
    Menu ini akan menampilkan komentar yang ditambahkan pada website anda, anda bisa mengedit komentar ataupun menghapusnya.

9 Banner.
   Untuk menambahkan banner, website, perusahaan atau organisasi tertentu pada website anda. Untuk menambahkan banner,klik tambah banner. JIka sudah selesai klik simpan.

10. Polling
      Menambah poling tertentu pada website anda.


11. Download.
      Menu ini untuk menambahkan sebuah file yang bisa di download oleh pengunnjung situs/website yang anda miliki, file bisa berupa document biasa, gambar, music, ataupun program. KLik tambah download untuk menambahkan file, jika sudah selesai pilih simpan.

12. Hubungi Kami
      Menu ini akan menampilkan pesan/email yang dikirim ke website anda, untuk membalas email yang masuk, klik langsung email yang terdapat pada kolom email.

13. Sekilas Info.
      Menu ini untuk menambahkan informasi atau bisa juga buat edit informasinya.

14. Album
      Menu ini digunakan untuk menu album.

15. Galeri Foto.
      Digunakan untuk menambahkan file berupa gambar/photo pada website anda. Pilih tabah galeri untuk menambahkan photo, selanjutnya pilih jenis/nama albumnya, bila perlu tambahkan juga keterangan photo. Klik simpan.


16. Template.
      Menu ini digunakan untuk menambah atau mengganti template.

17. Kata Jelek.
      Digunakan untuk menambahkan foto kata jelek.

18. Menu Utama.
      Menu ini digunakan untuk mengedit terutama menambah, menghapus dan bisa juga merubah menu.

19. Sub Menu.
      Menu ini digunakan untuk mengedit terutama menambah menghapus dan bisa juga merubah sub menu


20. Halaman Statis.
      Menu ini digunakan untuk mengisi dari menu seperti visi, misi, dan profil.

21. Agenda.
      Menu ini untuk menambah agenda/kegiatan yang akan anda lakukan di jam, hari, bulan, dan tahun tertentu. Pilih tambah agenda untuk menambah agenda baru. Jika sudah selesai, pilihlah simpan.

22. Keluar.
      Menu ini digunakan untuk keluar admin atau pengguna.

F. Hasil dan Kesimpulan
    Dengan penjelasan mengenai menu-menu lokomedia kita dapat lebih tau kegunaannya menu-menu administrator lokomedia dan dapat memudahkan para admin saat mengeditnya

G. Referensi
Sekian dari saya, bila ada kurang dan salahnya saya mohon ma'af, terimakasih.


Wassalamu'alikum Wr Wb.





0 komentar:

Posting Komentar